Senin, 13 Juni 2011

 MATA KULIAH TEKNIK KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komunikasi juga dapat diartikan upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi, fikiran, dsb, agar diketahui dan dipahami oleh orang lain. Sedangkan teknik komunikasi memiliki arti proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi interaksi diantara keduanya untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan media komunikasi. Komunikasi juga berfungsi sebagai (Nurini,2011) :
1.     Untuk transfer pengetahuan dari pengirim kepada penerima (receiver). Misalnya, antara dosen dengan mahasiswa.
2.    Memotivasi orang lain untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan tertentu.
3.    Mengontrol tindakan seseorang.
4.    Mengekspresikan perasaan dan emosi.
Prinsip-prinsip komunikasi (Nurini, 201):
1.     Perhatian karena penampilan
2.    Menumbuhkan minat dan rangsangan
3.    Mengambil keputusan untuk bertindak
Hambatan komunikasi (Nurini,2011):
1.     Perbedaan bahasa dan presepsi
2.    Faktor sosial budaya
3.    Salah mengarahkan
4.    Terlalu banyak informasi
5.    Faktor lingkungan

Jenis-jenis teknik komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara , seperti :
·         Teknologi audio: yaitu teknologi yang memfokuskanØ pada indera pendengaran, dan bentuknya yang sederhana adalah telephone.
·         Teknologi video: teknologi ini meliputiØ kaset video, siaran video satu arah, siaran radio dua arah, video on demand, serta video dan CBT
·         Komputer konferensi: teknologi ini merupakanØ pemayung berbagai kegiatan penerapan teknologi komputer untuk menunjang komunikasi antar manusia. Misalnya surat elektronik (e-mail), konferensi kelompok dan sistem penyampaian pesan interaktif.
Manfaat Teknik Komunikasi dalam ilmu perencanaan wilayah dan kota :
1.     Teknik komunikasi harus dikuasai oleh seorang planner, agar tidak terjadi miss comunication .
2.    Kontak komunikasi antar individu dapat memberi nilai tambah (added value) dan komunikasi tertentu.
3.    Media teknologi dapat menimbulkan suatu objek tak berwujud kedalam realita, memberi kemantapan dan percepatan pemahaman, menata waktu secara efektif dan efisien, menyederhanakan suatu peristiwa tertentu.

Dalam pembuatan film, kami menggunakan Klenteng Sam Poo Kong sebagai tempatnya. Alasan pemilihan tempat yaitu sesuai dengan tema tugas besar yang diberikan yakni Wisata Budaya Nusantara. Kami bermaksud mengenalkan kawasan wisata Sam Poo Kong kepada masyarakat, agar kawasan ini dapat lestari.
Pembuatan film berawal di Tugu Muda, kami menjelaskan terlebih dahulu ikon kota Semarang. Kemudian kami meneruskan pembuatan film di Klenteng Sam Poo Kong. Berawal kami masuk ke Klenteng dengan mengantri di loket utama, di loket utama kami membayar kontribusi Rp 3.000,-. Kami melanjutkan ke plataran yang sering digunakan untuk foto-foto para wisatawan. Setelah mangambil take di plataran, kami masuk menuju klenteng utama dengan membayar kembali kontribusi sebesar Rp 20.000,-.

Dalam perkuliahan, Mata Kuliah Teknik Komunikasi sangatlah penting karena mengajarkan kita untuk berkomunikasi dengan dunia luar serta membuka jendela wawasan yang sebelumnya tidak kita ketahui menjadi tahu dan yang sudah tahu menjadi lebih tahu.
Selama saya mengikuti kuliah Teknik Komunikasi, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Pengajarannya pun tidak membosankan, karena sering membuat saya selalu ingin lebih tahu dari yang diajarkan. Untuk tugas saya rasa termasuk sangat membantu dalam memahami materi perkuliahan, sehingga apa yang diajarkan tidak sia-sia dan benar-benar bisa saya pahami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar